Rabu, 07 Maret 2012

CONTOH BERITA STRUKTUR PIRAMIDA TEGAK

Melongok Restoran Indonesia di Amerika
Rabu, 15 Juni 2011 11:02

Ternyata jumlah restoran Indonesia di Amerika Serikat tidaklah sedikit. Di antaranya malah sudah berada di sana sejak belasan tahun lalu. Inilah cara pengusaha kuliner Indonesia go international.

Untuk kebanyakan orang Indonesia, saat berkunjung ke luar negeri, menemukan restoran Indonesia bak mencari harta karun. Tak banyak pengusaha yang membuka restoran di suatu tempat di mancanegara. Terlebih-lebih jika Warna Negara Indonesia (WNI) yang bermukim di suatu kota jumlahnya sedikit.  Tetapi ada juga pengusaha yang melihat komunitas bangsa Melayu (Indonesia dan Malaysia) di suatu kota atau distrik sebagai peluang usaha sehingga kemudian mendirikan restoran dengan cita rasa Melayu, seperti Bak Kuh Teh Breakfast, di New York yang memposisikan diri sebagai restoran Indonesia-Malaysia. Tapi umumnya pendirinya bukan orang Indonesia melainkan orang Asia lain yang melihat peluang usaha restoran dengan target pasar orang Melayu (Asia).
alt
Selain New York, di Washington juga ada beberapa restoran milik orang Indonesia. Salah satu yang terkenal adalah Satay Sarinah yang letaknya di Alexandria. Pada awalnya Satay Sarinah terletak di Georgetown yang menyediakan makanan Indonesia untuk komunitas Asia di ibukota Amerika Serikat itu. Restoran ini didirikan tahun 1985 dengan nama Sarinah Satay House. Namun pada tahun 1999 pindah ke Alexandria dan namanya berubah menjadi Satay Sarinah.

Satay Sarinah sudah sering mendapatkan peliputan media setempat. Salah satunya adalah majalah Washingtonian. Selain media cetak, media internet juga banyak yang meliputnya, seperti website yang khusus membahas restoran-restoran atau kuliner di AS. Dan untunglah sekarang ada blog yang efektif menjadi sarana promosi. Banyak orang per orangan (sebagian besar orang Amerika) yang menuliskan pengalamannya bersantap di Satay Sarinah lalu menuliskan rekomendasinya di blog mereka. Ini membuat restoran ini jadi makin banyak dikenal. Harian besar The Washington Post dalam website-nya memberikan apreasiasi bintang empat bagi Satay Sarinah. Bukti bahwa pengakuannya memang tak kecil.

Di California juga ada restoran Indonesia. Bahkan negara bagian ini merupakan negara bagian AS yang paling banyak memiliki restoran Indonesia. Di antaranya yang terletak di Post Street, San Francisco. Di jalan ini ada dua restoran Indonesia yaitu Indonesia Restaurant di 678 Post Street dan Borobudur Restaurant di 700 Post Street. Tak banyak informasi tentang Indonesia Restaurant. Namun sejumlah orang yang merekomendasikannya menyebutkan, makanan Padang-nya memang lezat.

Sedangkan Borobudur Restaurant merupakan restoran milik pasangan Soe Bin dan Yunita. Pasangan ini mendirikan Borobudur Restaurant pada tahun 1992, bukan di lokasi sekarang melainkan di Geary Street. Tahun 1994 keduanya memindahkan restorannya ke lokasi yang lebih nyaman di Post Street. Pengelola menyebut, Borobudur Restaurant merupakan restoran Indonesia paling populer di San Francisco. Malah majalah Asia Week pernah menyebutnya sebagai the best Indonesia food in the Bay Area.

Sedangkan di Hollywood ada Indo Kitchen yang terletak di Fourt Street, Alhambra, California. Indo Kitchen lebih dikenal sebagai restoran Padang di Hollywood. Terletak di kawasan yang lumayan strategis. Papan namanya cukup jelas menunjukkan jati dirinya sebagai restoran Padang. Seperti juga di restoran Padang lain, di sini juga ditawarkan rendang, kalio ati, sambal cabe, dan sebagainya.

Restoran Padang memang mendominasi restoran-restoran Indonesia di luar negeri. Selain Padang, restoran lain lebih memposisikan sebagai restoran Indonesia yang menyajikan berbagai menu daerah. Restoran-restoran ini tak hanya menyediakan makanan bagi orang Indonesia di rantau, tapi sekaligus mempromosikan Indonesia karena penikmatnya tak cuma orang Indonesia di sana. (DEN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar